beranda

Home | Profil | Tentang Hati | Motivasi | komputer | History | MP3 ku

Selasa, 11 Januari 2011

Prinsip Dagang Seorang Muslim

Pertama kali mengenal seorang muslim temanku yang benama samsuri seorang pedagang bunga di kawasan perumahan bengkong batam, saya agak bingung bagaimana ia bisa begitu sukses menjadi pembudidaya bunga dan pedagang bunga sekaligus pedahal lokasinya tak statergis.
Anaknya 3 yang dua ia kuliahkan di malang dan yang kecil masih bersekolah di batam di sebuah smp favorif.

Dan saya pun bertanya bagaimana taktik dagangnya ? Dan iapun menjelaskan padaku ia konsisten menbiakan jenis tanaman andenium. atau disebut juga bunga kamboja jepang dan menyalurkan kepada para pedagang di seluruh kota batam .
Dan ia juga melayani pembeli eceran yang untuk ditanam sendiri dirumah mereka.

Dan sayapun bertanya begitu banyak pedagang ambil bunga di tempat bapak ,pasti sebagian besar hutang dong? Tapi kok saya lihat bapak tak punya tukang tagih? Dan kayaknya bapak ibu banyak santai nya dirumah tapi kok penghasilan lancar dan apakah diantara pedagang itu tak ada yang nakal? Tak bayar hutang misalnya? Pancingku dengan rasa penasaran.

Diam sejenak sambil tertawa iapun lepas sambil menjawab pertanyaanku satu persatu dengan santai ‘ya namanya dagang sekarang pasti ada urusan hutang piutangnya ,sayapun bisa menyediakan stok lengkap begini sebagian juga modalnya kepercayaan yang diberikan beberapa supliyer bunga di jawa dalam bentuk hutang ,namun saya selalu berusaha menbayar hutang tersebut dengan tepat waktu karena inilah bentuk kepercaan yang diberikan kepada saya dan harus saya jaga.
Tentu para pedagang bunga di batam yang ambil disini ya bisa dikatakan 90 persen hutang. Dan memang saya tak punya tukang tagih hutang dan juga ndak pernah nagih hutang ,biasanya setelah jatuh tempo mereka akan menbayar langsung kesini. dan sambil ambil barang lagi dalam bentuk hutang lagi.
Nah tapi kadang kan ada pedagang nakal pak yang ndak mau bayar saya bilang, ini gimana bapak nagihnya?
Dengan santai iapun menjawab ‘tuh itu mah saya serahkan ke istri saya ,yaitu saya suruh dia DOAIN aja yang orang tak bayar itu ,Doa agar rejeki orang itu agar lancar biasanya sebulan di Doakan sih ,tau tau orangnya mumcul aja dan menbayar hutangnya.

Okelah saya bilang kalau ndak bayar juga gimana pak? Iapun menjawab sambil tertawa lepas BIARKAN aja ndak usah diurus dan IKHLASIN aja ,nanti juga datang rejeki dari yang lain.
Pernah ada pedagang nakal katanya hutang tak bayar pedahal dagangan nya laris dan akhirnya iapun malu kesini dan tak ada yang mau kasih barang lagi ke dia dan akhirnya dia bangkrut akibat perbuatann dia sendiri yang tak jujur dan tak menjaga kepercayaan yang sudah diberikan dalam bentuk hutang.

Dan entah kebetulan atau tidak malah setiap kami ditipu ,malah tak lama kemudian omset penjualan dan keuntungan kami malah berlipat ganda.

Sunguh luar biasa prinsip teman muslim saya iapun menjelaskan inti ajaran nya sekilas, yaitu berserah diri padaNYA.
Dan ia praktekan dalam kehidupan nya sehari hari ,juga dalam prinsip dagang nya .yaitu DOAKAN aja dan BIARIN aja serta IKHLASIN aja.

Salam damai selalu semoga para pembaca bisa mengambil suri teladan pedagang muslim yang sukses ini.


sumber : www.umum.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar