beranda

Home | Profil | Tentang Hati | Motivasi | komputer | History | MP3 ku

Senin, 10 Januari 2011

Prinsip Dagang Ala China

Dalam mencari penghidupan, orang-orang Cina lebih memilih untuk berdagang, Berbeda dengan bangsa pribumi yang lebih senang dengan menjadi pegawai, terutama menjadi PNS (Pegawai Negri Sipil). Kepiawaian orang Cina dalam berdagang sudah menjadi rahasia umum. Orang-orang Cina tidak suka mendapat gaji dan menjadi pekerja. Mereka menanamkan prinsip bahwa orang yang digaji tidak akan memiliki kedudukan sosial yang tinggi di masyarakat. Orang Cina lebih memilih membuka usaha sendiri, meski dengan skala yang sangat kecil. Bagi mereka, menjadi bos kecil lebih bermartabat ketimbang bekerja sebagai karyawan. Orang Cina beranggapan, sampai kapanpun dan sebesar apa pun gaji pegawai. tetap saja dia buruh.
Ada pribahasa Cina yang mengatakan bahwa “Lebih baik menjadi kepala ular kecil daripada menjadi ekor naga“. Dampaknya pun positif, yakni mereka terpacu untuk berdagang atau berwirausaha.

Para pedagang Cina itu agresif dalam berbisnis karena mereka tak mau kompromi, terutama menyangkut kualitas barang, untung, dan rugi tak heran jika orang lebih menyukai produk atau pelayanan dari orang-orang Cina. Prinsip “Lebih baik mengambil untung sedikit, yang penting kualitas dan pelayanan yang baik“.
Orang Cina dapat membedakan dengan tegas antara urusan bisnis dan urusan pribadi. Begitu pula dalam mengelola keuntungan yang didapatkan. Mereka sangat tegas dalam mengurus keuntungannya. “Hasil keuntungan harus digunakan untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan lagi“.

Uang harus menjadi uang, bukan untuk berfoya-foya. Umumnya orang Cina jeli dan sigap menangkap peluang bisnis. Mereka pun sangat menghargai waktu. “Sebuah peluang belum tentu datang dua kali sehingga kalau ada pintu yang terbuka, maka itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya“.

Mereka juga terbiasa bekerja dengan cepat dan mencurahkan seluruh pikiran dan energinya untuk kegiatan bisnis. Alhasil, tidak jarang urusan keluarga malah terbengkali. Tapi, itu bukan masalah dan mereka tidak merasa terbebani.
Selain itu orang Cina berani mengambil risiko karena mereka percaya bahwa berdagang itu penuh risiko. Mereka sadar, dalam berdagang pasti ada untung ruginya. Tapi, mereka berusaha mengurangi risiko seminimal mungkin. Pedagang harus mengelola usahanya secara sungguh-sungguh dan tidak melakukannya setengah hati. Jadi, harus ada totalitas dalam berdagang. Sifat bisnis pedagang Cina yang lain adalah tahan banting. Mereka harus kuat, termasuk sanggup mengorbankan diri dalam beberapa hal, seperti waktu, tenaga, dan uang demi mencapai tujuan menjadi orang kaya. Bagi mereka, menjadi orang kaya itu harus tahan menghadapi kesulitan dan penderitaan. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Mereka juga percaya pada takdir, tapi tidak mau menyerah pada nasib. Artinya, nasib harus diperjuangkan, dilawan dengan bekerja keras. Mereka percaya bahwa nasib manusia itu ibarat roda, sesekali di atas dan sesekali di bawah. Jadi tidak mungkin manusia selamanya berada di bawah. Dalam arti yang luas, manusia bisa mengatasi kemiskinan asalkan dia mau berusaha. Makin keras dan kuat usahanya, makin besar pula kemungkinan untuk melepaskan diri dari kemiskinan. Itulah beberapa prinsip berdagangala Cina. Pemaparan di atas terkesan mudah. Tapi, itu tidak mudah dipraktikan dilapangan. Semoga anda jadi pengusaha sukses,jangan takut gagal. Seperti pepatah Cina, “Tanpa mengalami kerugian, keuntungan tidak mungkin datang“.

sumber : www.creative.web.id

1 komentar:

  1. ini dia, tips yang keren, makasih artikelnya gan.
    Semoga info ini bermanfaat juga, memang banyak orang yang ingin sukses udaha dagang nya tanpa dibarengi dengan kualitas produk & pelayanan yang dijualnya. Bagaimana bisa? Karena yang namanya cara dagang memang perlu adanya peningkatan kualitas barang dagangannya. Tak perlu melakukan hal yang repot seperti belajar bisnis atau kursus online, seperti wanita yang ingin belajar materi dalam hal kecantikan (tata rias) di tempat penghasil bahan-bahan maklon kosmetik aman tidak berbahaya. Umumnya orang dagang sudah punya banyak pengalaman sebagai usaha nyata (lahir) nya, tapi terkadang masih kurang mengerti ilmu pelarisan seperti dalam usaha batin nya. Maka dari itu silakan coba mengimbangi dengan sarana batin, seperti menggunakan sarana pelarisan. Banyak orang yang bilang sebaiknya memang usaha nyata (lahiriah) dengan usaha batiniahnya harus seimbang. Berbicara masalah pelarisan dagang, ada yang pernah menyarankan menggunakan sebuah JIMAT yang katanya AMPUH. Informasi selengkapnya
    saya peroleh dari DISINI>> JIMAT PELARISAN
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus